Minggu, 07 Agustus 2016

Perkembangan komputer terbaru

Perkembangan Komputer Terbaru

Saat ini memanglah teknologi berkembang dengan sangat cepat dan hal tersebutlah yang memicu lahirnya perangkat komputer jenis baru, sebut saja tablet, ultrabook, ultrabook hybrid, dan sebagainya.
 
Lahirnya berbagai perangkat jenis baru yang kini ada tidaklah terlepas dari perkembangan teknologi yang digunakan pada komputer itu sendiri seperti prosesor yang memiliki kecepatan super dan hemat daya, harddisk yang dapat menampung data lebih banyak, pengolah grafis yang semakin berkelas, dan masih banyak lagi teknologi yang kian berkembang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai perkembangan teknologi komputer terbaru yang saat ini ,diantara adalah: 

Prosesor semakin cepat dan efisien

Saat ini pasar prosesor dirajai oleh Intel yang menghadirkan teknologi terbarunya yang mampu menghasilkan performa yang lebih super yang diimbangi dengan konsumi daya yang relatif rendah.
 
Prosesor generasi terbaru milik intel mendapat sebutan “Haswell” yang kini hadir dengan performa yang lebih berkualitas daripada para pendahulunya, Ivy Bridge. Prosesor haswell ini didukung dengan pengolah grafis terbaru keluaran HD Graphics. Dalam perkembangannya intel juga mengeluarkan prosesor i series, dengan teknologi terbaru diantaranya :

Intel Turbo Boost Technology

     Teknologi ini mempunyai kemampuan fitur unggulan dari sebagian besar prosessor dengan teknologi nahalem ide dasar dari teknologi Intel® Turbo Boost adalah HUGI ( Hurry Up and Get Idle). Teorinya adalah jika computer melakukan pekerjaannya lebih cepat maka prosessor tersebut akan dapat beristirahat lebih cepat dan akan banyak menghemat energy. Sehingga pekerjaan kita dapat berjalan dengan nyaman.

Intel Hyper-Threading Technology

     Teknologi ini berfungsi agar bagaimana system operasi dapat melakukan lebih banyak dan mengerjakannya dengan lebihbaik. Intel Hyper-Threading Technology menggunakan sumbardaya dengan lebih efisien, sehingga sejumlah thread dapat berjalan pada masing-masing core. kinerja teknologi ini meningkatkan throughput prosessor meningkatkan kinerja keseluruhan pada thraded software.

Teknologi Intel vPro

     Teknologi Intel vPro merupakan Built-in keamanan untuk perlindungan yang lebih besar dan lapisan tambahan keamanan untuk bisnis dan system cerdas. Adalah sebuah istilah pemasaran umum yang di gunakan intel untuk koleksi teknologi perangkat keras computer yang memungkinkan fitur manajemen seperti remote pada PC, managemen ancaman termasuk perlindungan dari( rootkit, virus, dan malware), identitas dan perlindungan jalur akses web, perlindungan data bisnis atau data pribadi, pemantauan jarak jauh dan local, perbaikan PC dan workstation.
 
     Berbeda dengan intel, pihak AMD yang merupakan rival Intel menghadirkan prosesor hybrid yang disebut denga APU (Accelerated Processing Unit) yang menggabungkan antara CPU dengan GPU. Salah satu kelebihan prosesor APU yang dimiliki oleh AMD adalah kinerja grafisnya yang lumayan tinggi karena mengunakan teknologi AMD radeon yang sudah sangat kondang sepak terjangnya dibidang kartu grafis.

SSD

     SSD (Solid State Drive) merupakan media penyimpanan yang dapat menggantikan peran harddisk. Kelebihan paling utama yang dimiliki oleh SSD adalah kinerjanya yang tinggi melebihi Hard Disk dengan daya konsumsi yang lebih minim, sehingga cocok untuk perangkat mobile seperti notebook atau sistem komputer yang menginginkan performa tinggi.
 
     SSD merupakan perangkat yang tidak menggunakan komponen mekanik seperti yang digunakan pada Hard Disk pada umumnya, sehinga tidak menimbulkan suara ketia beroperasi. SSD saat ini banyak digunakan paad notebook dan komputer kelas menengah keatas. Tak hanya itu, konsumsi daya SSD yang lebih efisien ini juga membuatnya banyak digunakan pada perangkat ultra-portable seperti tablet PC.

Sistem Operasi Windows 8.1

     Windows 8.1 adalah paket layanan untuk sistem operasi Windows 8 dan RT. Pertama kali diperkenalkan dan dirilis sebagai beta publik pada bulan Juni 2013, Windows 8.1 dirilis untuk manufaktur pada tanggal 27 Agustus 2013, dan mencapai ketersediaan umum pada tanggal 17 Oktober 2013. Windows 8.1 ini terutama ditujukan untuk mengatasi keluhan dari pengguna Windows 8 sebelumnya. Windows juga diperkirakan akan merilis windows 9 pada tahun 2015.

Teknologi Interaksi komputer berbasis teknologi gesture

     Interaksi komputer berbasis teknologi gesture dalam skala besar sudah bukan lagi sesuatu yang hanya bisa Anda saksikan dalam film-film fiksi ilmiah, seiring dengan demonstrasi teknologi terbaru dari Oblong Industries di California yang mampu menghadirkan sebuah software untuk melakukan interaksi dengan komputer seperti halnya dalam film Minority Report.
 
   Software ini dijuluki sebagai ‘g-speak,’ dan Oblong menjulukinya sebagai sebuah ‘spatial operating environment.’ Untuk mengoperasikannya, para pengguna harus menggunakan sebuah sarung tangan khusus terlebih dahulu untuk bisa melakukan interaksi dengan komputer.
Beberapa Teknologi computer tercanggih saat ini
  1. Komputer Kuantum
    Komputer ini merupakan Super computer yang menggunakan prinsip “fisika Kuantum”. Kabarnya komputer ini akan di install di fasilitas Badan Antariksa Amerika Serikat ( NASA ) dan akan di gunakan bersama Google NASA dan para ilmuan.
    Menggunakan Processor D-Wave Two yang memperlihatkan pemanfaatan efek yang di sebut dengan Terowongan Kuantum. Membuat super Komputer ini dapat memecahkan beberapa jenis masalah matematika hanya sepersekian detik.
    Komputer kuantum tidak menggunakan Bits tetapi GuBits(Quantum Bits) Akses kecepatan dari super komputer ini 3.600 kali lebih cepat dari komputer konvesional.
  1. Sequioa
    Sequioa di kabarkan menjadi super computer tercepat setelah mengukir kecepatan processing 16,32 petaflop/s.
  1. K Komputer
    Sebelumnya K Komputer menjadi super komputer tercepat sebelum adanya Sequoia. K kompter merupakan perangkat yang bersal dari Negara jepang yang di kembangkan oleh merek perusahaan teknologi Fujitsu yang tempatnya di REKEN Advanced Institute For Computational Science, Kobe Jepang.
    Komputer ini memiliki kecepatan 8,162 petaflops atau 8,162 kalkulasi quadrilion per detik dengan rasio efisiensi komputer sebesar 93 persen.
    Komputer ini menggunakan prosesor SPARC64 VIIIfx 2.0GHz 8-core sebanyak 68.544 unit yang ditempatkan di 672 lemari. Masing-masing lemari memiliki 96 titik komputasi dengan 6 tambahan titik IO. Masing-masing titik komputasi ini dilengkapi memori sebesar 16 GB. Bila masing-masing titik dilengkapi 8 inti proseseor, jumlah prosesornya keseluruhan adalah 548.352 inti.
    Untuk mengoperasikan K computer di butuhkan daya listrik sebesar 9,89 MegaWatt dengan rata-rata 4,3 Megawatt.
https://dodotif.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KONVERSI BILANGAN OKTAL KE BILANGAN DESIMAL

   KONVERSI BILANGAN OKTAL KE BILANGAN DESIMAL Konversi bilangan biasanya menjadi pengetahuan dasar yang sering atau mungkin wajib diberi...